Yulian Gunhar : Ini Sosok Ratu Dewa, Kandidat Calwalkot Kota Palembang yang Diusung PDI Perjuangan kota palembang

PALEMBANG998747 Dilihat

Palembang – DPC PDI Perjuangan Kota Palembang akan mengusung pj Walikota Palembang Ratu Dewa, Pilwako Palembang 2024. Mendapat dukungan tersebut, Ratu Dewa menyatakan siap maju, sekaligus siap mundur dari jabatannya sebagai pj walikota Palembang, demi persiapan bertarung memperebutkan kursi Palembang 1.

Berikut adalah profil dan rekam jejak Ratu Dewa yang resmi diusung PDI Perjuangan dalam Pilwakot Kota Palembang 2024 mendatang:

Ratu Dewa adalah sosok putra daerah kelahiran Muara Kuang, Ogan Ilir, Sumatera Selaan, 17 Agustus 1969. Ia anak ke-8 dari 9 bersaudara dari pasangan Cik Den Tambun dan Zalipah.

Lahir di tengah keluarga sederhana, dirinya menempuh pendidikan S1 Fakultas Ushuluddin di IAIN Raden Fatah Palembang dan S2 di Universitas Sriwijaya bergelar Magister Kebijakan Publik.

Berkarir di dunia birokrasi, membawanya diangkat menjadi pelaksana jabatan (pj) Wali Kota Palembang pada 18 September 2023. Setelah sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang sejak tahun 2019.

Selama menjabat sebagai pj walkot, Ratu Dewa sukses membawa perubahan positif untuk Kota Palembang. Salah satunya ketika Kota Palembang menjadi satu-satunya kota di Sumatera Selatan yang meraih status kinerja tinggi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dengan Skor 3,4541. Berdasarkan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) Tahun 2023.

Penghargaan tersebut merupakan prestasi bergengsi yang diberikan Kemendagri di peringatan hari otonomi daerah, hanya kepada 5 provinsi, 10 kota dan 14 kabupaten se-Indonesia yang memiliki kinerja terbaik. Dan Kota Palembang berada di peringkat ke-7 kota Se-Indonesia dan menjadi satu-satunya kota di Sumsel, yang meraih penghargaan itu.

Maju sebagai kandidat calon walikota Palembang, Ratu Dewa mengaku akan memperhatikan beberapa masalah penting jika terpilih. Salah satunya pembangunan infrastruktur demi mencegah banjir, memperbaiki kerusakan jalan, dan hal lain yang secara fisik sangat dibutuhkan.

menurut Gunhar ketua DPC PDIP Kota Palembang, mengusung RD sebagai Cawako kota palembang suatu pilihan yang tepat, karena beliua adalah seorang birokrasi yang sdh bepengalaman dalam tata kelola pemerintahan, kota palbang merupakan ibu kota provinsi sumatera selatan, jika di pimpin oleh walikota yang tdk berpengalaman dan mempunyai track record yang jelas, kota palembang akan semakin semrawut, kita sdh meleawati masa2 dimana, kota palembang menjadi kota yang sangat indah dan bersih.

Selain itu, dirinya yakin RD akan memperhatikan pembangunan non fisik yang sangat perlu untuk dituntaskan, antara lain pendidikan dan kesehatan. Masyarakat menurutnya harus cerdas dan sehat, tidak hanya dengan fasilitas yang memadai di fasilitas pendidikan dan kesehatan yang ada, namun juga pelayanan yang memudahkan dan pro rakyat. Ujar Gunhar yang anggota DPR RI dari PDI Perjuangan

Dirinya juga yakin RD bertekad meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dengan tersedianya lapangan pekerjaan dan banyaknya pelaku usaha maupun industri yang mendorong ekonomi daerah.(daeng)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *