Presiden Amerika Serikat Joe Biden Ngotot Rusia Harus Didepak dari KTT G20

INTERNASIONAL21 Dilihat


Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden buka suara soal wacana kedatangan Presiden Rusia Vladimir Putin di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Biden menegaskan, Rusia harus dikeluarkan dari kelompok G20.

“Jawaban saya adalah ya,” kata Biden saat ditanya apakah Rusia harus disingkirkan dari G20 dalam konferensi pers KTT NATO, dikutip dari laporan Associated Press (AP), Jumat (25/3).

Namun, jika Indonesia dan negara lain tidak setuju untuk mengeluarkan Rusia dari Kelompok G20, Biden meminta para pemimpin mengizinkan Ukraina untuk ikut hadir sebagai pengamat.

“Itu tergantung pada G20. Itu diangkat hari ini, dan saya mengemukakan kemungkinan bahwa jika itu tidak dapat dilakukan (mendepak Rusia), jika Indonesia dan yang lain tidak setuju, maka menurut saya, kita harus meminta agar keduanya agar baik Ukraina dapat menghadiri pertemuan juga. Pada dasarnya Ukraina dapat menghadiri pertemuan G20 dan mengamati,” ucapnya.

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva mengungkapkan Presiden Vladimir Putin berencana akan datang ke Bali. Ini untuk menghadiri acara KTT G20 yang akan digelar pada akhir tahun 2022 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *