6 Parpol Baru Siap Bertarung di Pemilu 2024

PARPOL, POLITIK46 Dilihat

JAKARTA -(sawara parlemen)  Setelah pertarungan panas Pilpres 2019, partai politik baru bermunculan. Partai-partai tersebut dipersiapkan untuk menghadapi Pemilu 2024 .

Partai Gelombang Rakyat Indonesia atau Gelora Indonesia bisa disebut sebagai pioner parpol baru pasca 2019. Dimotori Anies Matta dan Fahri Hamzah, partai yang merupakan sempalan dari PKS ini memperoleh SK Menkumham pada Mei 2020.

Tahun 2021, sejumlah parpol baru dideklarasikan dengan beragam latar belakang pendorong. Secara umum, parpol-parpol tersebut dianggap sebagai jalan untuk mewujudkan cita-cita politik yang tidak tersalurkan melalui parpol yang saat ini eksis.

Ambil Partai yang Eksis Berikut enam parpol yang dideklarasikan pada 2021 dan membetot perhatian masyarakat luas.

Partai Ummat Kelahiran Partai Ummat mencuri perhatian publik salah satunya karena Amien Rais terdepak dari PAN, partai yang didirikannya sendiri, sebagaimana Abdurrahman Wahid alias Gus Dur juga terlempar dari PKB menjelang Pemilu 2009, yang diawali dari konflik Gus Dur sebagai ketua dewan syuro PKB dengan Muhaimin Iskandar sebagai ketua dewan tanfidz.

Partai Ummat lahir sebagai imbas konflik politik di tubuh PAN pasca Kongres 2020 di Kendari. Rencana pendirian Partai Ummat bergaung begitu susunan kepengurusan PAN yang baru di bawah kepemimpinan Zulkifli Hasan tidak memberikan posisi untuk Amien Rais.

Pada 29 April 2021, 99 orang termasuk Amien Rais mendeklarasikan berdirinya Partai Ummat di Yogyakarta. Beberapa tokoh yang hadir dalam deklarasi tersebut di antaranya Neno Warisman, hingga Ansufri Idrus Sambo. Dalam pidato deklarasinya, Amien Rais mengatakan Partai Ummat akan bekerja, berjuang, dan berkorban apa saja untuk melawan kezaliman dan keadilan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *